Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Festival Tungguk Tembakau 2017 di Boyolali

Advertisemen
Festival Tungguk Tembakau 2017 di Boyolali

[ad_1]

Festival Tungguk Tembakau

Tungguk Tembakau Festival adalah sebuah acara unik sekaligus menarik yang hadir di Desa Senden, Kab. Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, pada pada 30 Juli â€" 6 Agustus 2017. Dalam festival ini Anda dapat menikmati serangkaian kegiatan budaya menyambut panen tembakau di Boyolali.

Rangkaian acaranya akan dikemas dalam beberapa kegiatan berikut ini.

  1. Prosesi Ritual Tungguk Tembakau
  2. Pagelaran Budaya
  3. Kampung Budaya
  4. International Competition
  • Panen Dance International Competition
  • Tobacco International Karawitan Competition
  • Tobacco Photography Contest
  • Tobacco Fun Walk
  1. Panen Jazz Festival dengan menampilkan musisi2 Jazz ternama Indonesia
  2. Pengembangan Pariwisata Boyolali berupa Camping Ground.

Video via: Tungguk Tembakau Festival

 

Tungguk tembakau telah menjadi sebuah ritual persembahan tradisional masyarakat di kawasan lereng timur Merapi-Merbabu. Kegiatannya dilaksanakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas tanaman tembakau yang dapat tumbuh dengan baik dan memberi berkah kesejahteraan untuk warga.

Kesukesan acara Tungguk Tembakau Festival tahun lalu dihadiri sekira 10.000 pengunjung. Hal itu mendorong masyarakat dikawasan ini kembali menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai acara rutin yang selain sebagai upaya dialog kebudayaan untuk membangun posisi tawar petani tembakau di Indonesia. Selain itu, sebagai upaya memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada dunia Internasional sekaligus sebagai ajang promosi wisata Jawa Tengah.

Festival ini digelar dengan tujuan untuk membangun dialog kebudayaan yang dilaksanakan setiap tahunnya, dikemas dalam esensi dan nilai-nilai budaya yang mengakar kuat dan mampu menjadikan budaya dan tradisi masyarkat Jawa dapat diwariskan lintas generasi guna upaya memperkenalkan keindahan budaya dan tradisi Indonesia di mata dunia.

Informasi dan keterangan sila kunjungi laman http://www.tungguktembakaufestival.com

Lihat juga aktivitasnya di IG: @tungguktembakaufestival

Video via: Antara TV


[ad_2]
Source link
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger