Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

PCIe 4.0 Siap Tahun Ini?

Advertisemen
PCIe 4.0 Siap Tahun Ini?

[ad_1]

Standar PCIe 3.0, yang sudah digunakan sejak kurang lebih tahun 2010, bisa jadi akan segera tergantikan. PCI-SIG, organisasi yang ada di balik standar PCI Express, menyebutkan bahwa penerus PCIe 3.0 akan segera hadir. Namun, standar baru, yang tentu saja disebut PCIe 4.0, tersebut bisa jadi hanya berumur pendek, jauh lebih pendek dari PCIe 3.0!

Slot PCIe 3.0 di motherboard masa kini.

PCIe 4.0: Tawarkan Bandwidth 2x Lipat

PCIe 4.0, yang disebut bisa saja hadir pada tahun 2017 ini, akan menawarkan bandwidth 2x lipat dari PCIe 3.0. Hal ini akan sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini, di mana PCIe yang menawarkan kecepatan tinggi makin dibutuhkan, baik oleh graphics card maupun storage. Bandwidth maksimal PCIe 3.0, di x16, dianggap sudah kurang memadai, kurang lebih 7 tahun setelah standar tersebut mulai digunakan.

PCI-SIG menyebutkan bahwa PCIe 4.0 akan menawarkan bandwidth hingga 64 GB/s. Sayangnya, bisa jadi adopsi dari PCIe 4.0 ini akan membutuhkan waktu lama. PCIe 4.0 ini akan membutuhkan dukungan platform agar kemampuannya bisa dirasakan oleh pengguna. Sayangnya, hal itu bisa jadi akan membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan, dan bisa jadi akan terhambat oleh penerus PCIe 4.0 sendiri.

PCIe 5.0 Sudah Makin Dekat

Ya, penerus dari PCIe 4.0, PCIe 5.0, disebut akan diselesaikan tahun 2019 mendatang. Hanya ada jeda waktu 2 tahun antara PCIe 4.0 dan PCIe 5.0, dan hal ini mungkin membuat beberapa pihak akan enggan menawarkan PCIe 4.0, memilih untuk lompat ke PCIe 5.0 saat sudah bisa digunakan nanti. PCIe 5.0 sendiri akan menawarkan bandwidth 2x lipat PCIe 4.0, hingga 128 GB/s.


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger