Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

20 Tahun Google.com dan Tampilan Google Search - UrbanDigital

Advertisemen
20 Tahun Google.com dan Tampilan Google Search - UrbanDigital

[ad_1]

Tahun 2017 ini kelihatannya memang jadi tahun spesial di dunia teknologi. Selain perayaan 10 tahun iPhone, Google juga merayakan 20 tahun alamat website google.com. Kelihatannya asik kalau kita lihat perubahan tampilan Google Search dari masa ke masa.

Domain google.com terdaftar pada 15 September 1997. Google pun merayakan hal itu dengan animasi GIF yang lucu. Animasi itu menunjukkan usia 20 tahun melalui huruf ‘o’ yang biasa muncul sebagai navigasi halaman pencarian.

Beberapa snapshot Google Search ini saya dapat dari layanan Wayback Machine yang merekam berbagai halaman situs. Ada beberapa tahun yang saya jadikan satu, karena tidak memiliki banyak perubahan tampilan. Hanya beberapa penambahan atau perubahan fitur.

Ada yang menarik dari perkembangan desain Google Search ini. Sejak pertama, penempatan logo Google dan bidang pencari tidak banyak berubah. Walau sempat memiliki banyak tombol, konsep pisau lipat tetap dipegang dengan teguh.


Google 1997

Google masih berada di bawah Stanford University. Logonya masih menggunakan tanda seru. Sudah punya tombol ‘I’m Feeling Lucky‘.


Google 1998

google 1998

Sudah menggunakan nama Google Inc. Menampilkan label Beta dan tautan cukup banyak di bawahnya.


Google 1999

google 1999

Logo Google sudah tidak menggunakan tanda seru. Lucunya, logo tersebut bergeser ke kiri seperti logo website pada umumnya. Tapi penampilannya kembali sederhana, dan sudah tidak versi Beta lagi.

Google 2000

google 2000

Google menambah dukungan beberapa bahasa, juga memperkenalkan layanan iklan Google AdWords.


Google 2001-2003

google 2003

Di masa ini Google merilis Image Search, Google Groups, dan Google News. Tampilan Google menggunakan tab untuk masing-masing layanan itu.


Google 2004-2006

google 2006

Bentuk tab ditinggalkan dan diganti tautan biasa. Google memperkenalkan fitur Google Suggest (bagian Google Lab), dan Google Mobile Web Search.


Google 2007-2010

google 2010

Tautan untuk layanan Google berpindah ke bagian atas dan tombol pencarian lebih terlihat seperti tombol. Logo juga memiliki bayangan yang lebih kecil. Selain itu, Google memperkenalkan iGoogle, autocomplete (tadinya Google Suggest), dan pencarian real-time untuk Twitter, Google News, dll.

Google 2011-2012

google 2011

Seiring lahirnya Google+, tampilan Google Search juga berubah mengikuti desain media sosial tersebut. Terlihat dari bidang di bagian atas halaman tersebut.


Google 2013-2014

google 2013

Tampilan Google jauh lebih sederhana. Logo Google tidak lagi menggunakan efek bayangan atau gradasi yang “berat”. Begitu pun tombol pencarian. Berbagai layanan Google bisa diakses melalui ‘App Grid’ di pojok kanan atas.


Google 2015-2017

google 2015

Google menerapkan Material Desain secara menyeluruh di semua layanannya. Bermula dari aplikasi Android sampai desktop, termasuk tampilan Google Search. Seperti bisa dilihat, logo Google berubah seperti yang kita kenal saat ini.


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger