Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Membuat Tampilan Google Pixel (Plus Search Pill) - UrbanDigital

Advertisemen
Membuat Tampilan Google Pixel (Plus Search Pill) - UrbanDigital

[ad_1]

Handphone Google Pixel (generasi pertama) memiliki tampilan home screen yang unik. Terutama karena search bar yang berbentuk pill. Kali ini kami mau membahas bagaimana membuat handphone Android memiliki tampilan Google Pixel lengkap dengan search pill tersebut.

Memang, Google Event 2017 menghadirkan handphone Pixel 2 yang memiliki home screen baru. Di tampilan baru itu, search bar khas Google hadir di bagian bawah dock, di atas navigasi. Tapi, bentuknya kembali menjadi bilah memanjang. Berbeda dengan search pill yang unik.

Selain unik, yang saya suka dari Google pill adalah fitur search tidak memenuhi layar handphone. Terus terang, Google Search dengan bentuk kotak memanjang merupakan satu fitur yang kurang saya sukai. Saya sempat menggunakan Evie Launcher agar kotak itu tidak terlalu nampak.

Sebenarnya, saya juga bukan jenis orang yang terlalu sibuk menyesuaikan tampilan handphone. Namun keunikan search pill cukup menggoda. Jadi, inilah yang saya lakukan agar mendapat tampilan Google Pixel lengkap dengan search pill.

Tampilan Google Pixel dengan Nova Launcher

Kita semua tahu kalau keunggulan handphone Android ada di penyesuaian. Kita bisa mengatur tampilan handphone seperti yang kita suka dengan menggunakan launcher.

Ada banyak launcher di Play Store, dan beberapa di antaranya sudah mendukung tampilan Google Pixel. Di sini, saya menggunakan Nova Launcher. Salah satu launcher terbaik untuk Android.

Oya, harap perhatikan, saya melakukan sedikit modifikasi dari tampilan Google Pixel tersebut. Jadi mungkin tidak sama persis. Pilihan saya hadir sebagai komentar (warna hijau).

Saya yakin juga akhirnya kamu juga akan memilih gayamu sendiri. Tapi paling tidak, langkah ini bisa berguna sebagai sebuah tips atau panduan awal. Oya, saya sengaja menulis tutorial ini selangkah demi selangkah, agar yang baru mencoba memakai launcher Android lebih memahami pilihan yang ada.

tampilan google pixel

Persiapan

  1. Unduh aplikasi Nova Launcher di Play Store.
    Kamu juga bisa mengunduh Nova Launcher Prime yang merupakan versi komersial.
  2. Buka aplikasi tersebut, dan jadikan aplikasi utama untuk home screen.

Setelan Nova Launcher supaya mirip Google Pixel

  1. Buka Nova Setting.
  2. Setelan Desktop.
    setelan desktop dan google search pill
    • Grid: Sesuai keinginan atau ukuran layar.
      â€"Saya memilih 5 x 5 dan menonaktifkan Subgrid Positioning (bisa berada di antara baris ikon).
    • Icon
      • Ukuran hanya bisa diatur dengan Nova Launcher Prime. Kalau kamu menggunakannya pilih ukuran 120%. Kalau tidak ya tidak apa-apa.
        â€"Saya tetap dengan ukuran 100%.
      • Pilih Label dengan font Condensed.
        â€"Saya memilih tidak menggunakan label di home screen.
      • Atur Width Padding.
        â€"Saya memilih ukuran Medium.
      • Atur Height Padding.
        â€"Saya memilih ukuran Medium.
      • Aktifkan Persistent search bar.
      • Atur Search Bar Style.
        • Pilih search pill dengan warna putih.
        • Pilih logo G untuk Google.
        • Pilih Search as overlay.
          â€"Saya mengaktifkannya.
    • Scroll: Kalau kamu mau mengubahnya.
      â€"Saya tidak mengubah pengaturan ini.
    • Page Indicator.
      â€"Saya memilih ikon titik warna putih.
    • Setelah Page Indicator, pilihan kurang mempengaruhi tampilan ala Google Pixel. Pilih sesuai keinginan kamu.
      â€"Saya menngaktifkan show shadow (di setelan advanced).
  3. Setelan App & Widget Drawers.
     setelan app drawer pixel
    • Drawer App Grid: Atur sesuai keinginan atau ukuran layar.
      â€"Saya memilih 5 x 6.
    • Icon Layout: Sama seperti icon desktop.
      â€"Saya memilih ukuran 100% dengan label Font condensed, warna tulisan hitam, tanpa bayangan, dan single-line aktif.
    • Frequently Used Apps: Pilih sesuai keinginan.
      â€"Saya memilih tidak menggunakannya.
    • App Drawer Style: Vertical.
    • Card Background: Non-aktif.
    • Swipe to Open: Ya.
    • Swipe Indicator: Ya.
    • Background: Pilih warna putih.
      â€"Saya memilih putih dengan transparansi 15%.
    • Pilihan setelah Background tidak terlalu berpengaruh pada tampilan Google Pixel. Atur sesuai keinginan kalian.
  4. Setelan Dock.
    • Enable: Ya.
    • Dock Background: Rectangle, warna putih.
      â€"Saya menggunakan transparansi 65%.
    • Dock Pages: Pilih sesuai keinginan kamu.
      â€"Saya memilih 1 halaman saja.
    • Dock Icons: 5 buah.
    • Icon Layout: Sesuaikan dengan Desktop dan App Drawer.
    • Width Padding: Sesuaikan dengan Desktop.
    • Height Padding: Sesuaikan dengan Desktop.
    • Infinite Scroll: Non-aktif.
  5. Setelan Folders.folder aplikasi google pixel
    • Folders Preview: Pilih grid.
    • Folder Background: Pilih Pixel Launcher.
    • Transition Animation: Pilih sesuka kalian
    • Background: Pilih warna putih.
      â€"Saya memilih putih dengan transparansi 5%.
    •  Icon Layout: Menyesuaikan dengan Desktop dan App Drawer.
  6. Setelan Look & Feel.
    • Icon Theme: Pilih yang sesuai dengan tampilan Google Pixel.
      â€"Saya menggunakan Pixel Icon Pack, salah satu icon pack favorit di Play Store. 
    • Normalize Icon Size: Ya.
    • Setelan setelah Icon Size tidak terlalu mempengaruhi tampilan Google Pixel. Jadi pilih sesuai keinginan kalian.
  7. Setelan Nova Launcher lain, seperti Night Mode, Gesture & Inputs, dan Integrations tidak terlalu berpengaruh pada tampilan keseluruhan (kecuali mungkin Night Mode).
    â€"Saya tidak melakukan perubahan di pilihan tersebut. Night Mode: Non-aktif.
  8. Setelan Nova Labs.
    Setelan ini merupakan fitur eksperimental. Jadi belum tentu semua berjalan sesuai yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu mau menggunakan widget Cuaca di samping search pill, kamu bisa mengaturnya di sini.
    • Di Nova Setting, aktifkan setelan Nova Labs dengan menekan tombol volume bawah agak lama.
    • Cuaca:
      • Aktifkan Allow weather di search bar.
      • Kembali ke setelan Desktop > Search bar style, di paling bawah muncul pengaturan baru. Pilih Celcius sebagai satuan suhu.

Sampai di sini, tampilan home screen handphone Android milikmu sudah seperti Google Pixel, lengkap dengan search pill, app drawer, dock, folder dan ikon.

Wallpaper

Kalau kamu ingin memilih wallpaper dengan rasa Google, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Wallpaper.

Sedangkan saya menggunakan aplikasi wallpaper HPSTR (dengan foto-foto dari situs Unsplash). Keuntungan aplikasi ini, bisa menggelapkan gambar wallpaper sehingga layar tidak terlalu ramai, dan ikon aplikasi bisa lebih telihat. Kalau kamu ingin menggunakan wallpaper yang ada di foto artikel ini, silakan unduh foto karya Geoffrey Arduini di Unsplash.


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger