Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Memindah Address Bar Chrome Android ke Bawah - UrbanDigital

Advertisemen
Memindah Address Bar Chrome Android ke Bawah - UrbanDigital

[ad_1]

Google secara perlahan mengubah beberapa tampilan aplikasinya dengan navigasi di bawah. Termasuk browser Chrome. Memang belum semua orang bisa menggunakannya. Kalau kamu mau mencoba, silakan ikuti cara memindah address bar Chrome Android ke bagian bawah ini.

Sejak dulu, address bar browser selalu berada di bagian atas. Mengikuti perilaku browser desktop. Kecualiâ€"ahemâ€"browser IE dan Edge milik Windows Phone (alm.).

Salah satu keuntungan address bar di bagian bawah adalah lebih mudah dijangkau. Itu juga alasan kenapa Google Search di home screen Pixel 2 sekarang ada di bagian bawah.

Sekali lagi, memindah address bar Chrome Android ke bawah belum jadi keputusan final. Masih eksperimen. Tapi kalau kamu ingin, hal ini sudah tersedia, dan kamu bisa mencobanya dengan sedikit trik.

memindah address bar chrome android ke bawah

Cara memindah address bar Chrome Android ke bawah

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Ketik chrome://flags/#enable-chrome-home di adress bar.
  3. Ubah pilihan jadi Enable.
  4. Klik Relaunch.

Browser akan menutup dan membuka kembali. Perhatikan, mungkin perubahan tidak langsung terjadi. Kamu bisa menutup paksa (tombol multitasking > swipe/tap x), lalu membuka ulang browser Chrome. Mungkin kamu harus mencobanya beberapa kali.

Lalu, voila! address bar sudah berada di bawah.

tampilan chrome android baru

Sekilas, perubahannya hanya address bar yang ada di bawah. Tapi coba kamu geser ke atas address bar tersebut. Kamu akan melihat perubahan lain.

Sekarang, kamu bisa mengakses Home (berisi halaman website yang sering kamu kunjungi dan feed berita), Downloads, Bookmarks, dan History dalam bentuk tab.

Untuk kamu yang belum terbiasa, mungkin perubahan ini terasa agak aneh. Tapi menurut saya, perubahan yang cukup radikal ini lebih nyaman daripada yang sebelumnya. Yah, mungkin karena dulu saya pengguna Windows Phone yang terbiasa menggunakan navigasi di bagian bawah.

Address bar dan navigasi memang lebih mudah dijangkau. Mengakses fitur-fitur yang ada juga jadi lebih mudah dan cepat.

Oke, hal ini memang sangat bisa diperdebatkan. Terutama kalau kamu memiliki handphone Android dengan layar besar. Penggunaan dua tangan tetap diperlukan. Tapi untuk sekedar tapâ€"bukan mengetikâ€"tetap akan lebih mudah.

Bagaimana? Mana yang lebih asik dipakai? Di atas atau di bawah?


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger