Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Android Kini Bisa Tunjukkan Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terhubung

Advertisemen
Android Kini Bisa Tunjukkan Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terhubung

[ad_1]
Android Kini Bisa Tunjukkan Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terhubung

Hingga saat ini cara paling umum untuk mengetahui kecepatan download dan maupun upload koneksi Wi-Fi di smartphone Android adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau melalui sistem Android untuk beberapa merek smartphone.

Nah semua cara tersebut mengharuskan kita untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi terlebih dahulu agar bisa melihat kecepatan internetnya. Kabar terbaru resmi datang dari Android bahwa semua itu tidak diperlukan lagi jika anda memakai sistem operasi Android Oreo versi 8.1 dan yang lebih baru.

Kabar didapatkan dari akun Twitter Android (@Android) pada Selasa, (23/1/2018) yang dijelaskan secara terperinci pada halaman support.google.com. Update fitur pengukur Wi-Fi ini merupakan update kedua terpenting untuk Android Oreo 8.1 sejak Google memperkenalkan emoji burger baru pada bulan Desember 2017 kemarin.

Untuk menikmati fitur pendeteksi kecepatan Wi-Fi caranya sangat mudah dan tidak perlu trik khusus. Selama pengguna mengaktifkan Wi-Fi  dan ketika smartphone menjangkau jaringan Wi-Fi, maka otomatis smartphone akan membaca kecepatan jaringan Wi-Fi tersebut. Penilaian kecepatan didasarkan atas empat level yaitu: Very Fast, Fast, OK, atau Slow.

  1. Very Fast: Bisa digunakan untuk streaming video kualitas tinggi
  2. Fast: Bisa streaming video dengan kualitas umum
  3. OK: Browsing, akses socmed, dan streaming musik
  4. Slow: Masih bisa digunakan untuk panggilan telepon dan mengirim pesan

Jika anda menggunakan Android Oreo 8.1 tapi tidak menemukan fitur pengukur kecepatan Wi-Fi seperti yang dijelaskan anda bisa mengaktifkannnya melalui menu Network & Internet > Wi-Fi > Wi-Fi Preference > Advanced > Network rating provider.



Tapi harus diingat ya, fitur ini hanya bisa mendeteksi  jaringan Wi-Fi publik yang tidak diamankan dengan password. Kalau ternyata jaringan Wi-Fi yang terdeteksi diamankan oleh password, tidak ada pilihan lain untuk mengukur kecepatan internetnya kecuali harus tersambung terlebih dahulu.


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger