Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Gubernur Ajak Kaum Muslim Shalat Gerhana

Advertisemen
Gubernur Ajak Kaum Muslim Shalat Gerhana

[ad_1]

TANJUNGPINANG, DISKOMINFO - Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kemenag Kepri) menghimbau kepada masyarakat Kepri yang beragama Islam untuk melakukan shalat gerhana bulan (shalat khusuf) pada Rabu 31 Januari 2018.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kepri H Marwin Jamal di Tanjungpinang,Selasa (30/1).

Dikatakan Marwin, sesuai dengan press release dari Kementrian Agama RI, sehubungan dengan data astronomis yang menyatakan bahwa Rabu (31/1) bertepatan dengan 14 Jumadal Ula 1439 H mulai pukul 18:48:27 WIB di Indonesia akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Nantinya,hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) yang akan terjadi pada pukul 20:28:49 WIB dan berakhir pada Pukul 22:11:11 WIB.

"Untuk itu, dihimbau kepada kaum muslimin untuk dapat melaksanakan shalat Sunnah gerhana berjamaah dan melaksanakan khutbah sesuai tuntunan nabi Muhammad Saw," ujar Marwin.

Tak hanya itu, lanjut Marwin, shalat Sunnah ini pun hukumnya Sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. "Umat muslim juga dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat gerhana bulan tersebut," lanjut Marwin.

Tak hanya shalat Sunnah gerhana saja, dilanjutkan Marwin umat Muslim juga dianjurkan memperbanyak zikir, istighfa, sedekah dan amal kebajikan lainnya. "Dan mendoakan keselamatan bangsa dan negara," tambah Marwin kembali.                                                         

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga mengajak masyarakat untuk shalat sunah gerhana berjamaah. Tertera pada undangan yang disebarkan, shalat sunah gerhana yang digelar Pemprov Kepri ini dilaksanakan di Masjid Raya Nur Illahi, Dompak. 

Shalat berjamaah diawali dengan shalat isya berjamaah dengan Imam, H. Mansyur Abdullah, SQ. Dilanjutkan dengan ceramah oleh Drs. H. Abdul Wahab Sinambela, M.Ed. Gubernur juga mengajak karyawan Pemprov Kepri khususnya untuk turut serta menunaikan shalat gerhana.(asiikk2)


[ad_2]
Klik Menuju artikel sumber
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger