Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Hands-on: Final Fantasy XV Pocket Edition

Advertisemen
Hands-on: Final Fantasy XV Pocket Edition

[ad_1]
Setelah Square Enix mengumumkan Final Fantasy XV akan hadir di smartphone, akhirnya game Final Fantasy XV Pocket Edition hadir. Tanpa tunggu panjang, kami pun mencobanya. Karena game ini masih fresh, jadi kami hanya memberikan pengalaman awal alias hands-on. Sekedar melihat apakah game ini memang seperti yang diharapkan atau tidak.

Spesifikasi Minimum Final Fantasy XV Pocket Edition

Bisa kita duga, Square Enix menetapkan spesifikasi minimum cukup lumayan.Jadi harap perhatikan. Untuk handphone Android, Square Enix meminta spesifikasi minimum: Handphone dengan Android 5.0 dan lebih baru, CPU 1,5GHz, RAM 2GB, dan penyimpanan 5GB. Sedangkan untuk iOS, perangkat yang didukung adalah perangkat dengan iOS 11.1 dan yang lebih baru, iPhone 6s dan yang lebih baru, iPad Pro, generasi ke-5 iPad, iPad Air 2, iPad mini 4, dan membutuhkan penyimpanan minimal 5GB. Ketika saya cek di Setting game, handphone Moto G5s Plus yang saya pakai menghasilkan pengaturan grafis paling rendah. Yaitu Graphic: Lite, Level of Detail: Low Resolution, dan FPS: 30 fps.

Rekomendasi setelan grafis untuk Moto G5s Plus

Proses Download Final Fantasy XV Pocket Edition

Saya pikir pengalaman download ini perlu saya sebut di awal. Ukuran game ini cukup besar. Mungkin kamu harus menggunakan Wi-Fi atau punya kuota internet yang besar juga. Ketika saya download dari Play Store, file game yang diunduh adalah sebesar 343 MB. Tapi saat saya membuka game dan melewati intro game, ada permintaan download lagi sekitar 567 MB. Pada akhirnya, di daftar aplikasi Play Store saya tercantum ukuran total 1 GB. Sementara kalau saya lihat di Apple App Store, game ini disebut berukuran 785,5 MB.

Tambahan download setelah install Final Fantasy XV Pocket Edition

Desain dan Tampilan Grafis

Sudah jelas kalau secara desain, Pocket Edition berbeda dengan versi original. Kalau versi original punya tampilan realistis, game ini punya tampilan imut alias chibi. Wajar saja. Selain karena masalah spesifikasi, tentu saja Aquare Enix ingin memberi pengalaman yang berbeda. Anyway, saya sebal lihat jambulnya Noctis. Kayak bawang. Meh ðŸ˜' Nah, sudah saya sebut di atas kalau saya menggunakan kualitas grafis rendah. Ternyata penampilannya tidak buruk. Tadinya saya pikir akan ada sedikit pixel terlihat. Hanya sedikit kurang tajam saja. Masih bisa dimainkan dengan enak.

Noctis bertarung dengan Reapertail

Gameplay

Final Fantasy XV Pocket Edition adalah game RPG. Khas seperti game Final Fantasy lain. Kamu akan berpetualang di berbagai tempat, menyelesaikan quest, ngobrol dengan NPC (non-player character), melihat cinematic, bertarung lawan musuh, mengumpulkan items, dll. Final Fantasy XV versi original memiliki dunia dan quest yang banyak. Boleh disebut semi open-world. Nah, karena ini game mobile, Pocket Edition punya bentuk lebih ramping. Menyelesaikan misi berjalan satu demi satu. Side quest hadir cukup ringan, tanpa berlebihan (misalnya mencari bahan untuk masakan Ignis). Jadi alur permainan cukup linear. Baik dari segi cerita, quest, maupun battle. Sejauh yang saya mainkan (chapter 1), belum ada tantangan. Pertarungan cukup sederhana, berjalan otomatis, dan tidak butuh skill atau strategi khusus.

Peta dan quest FF XV PE

Kontrol

Game ini menggunakan gestur tekan alias tap sebagai kontrol utama. Baik itu dalam menelusuri lokasi di peta maupun saat bertarung. Gestur semacam ini cukup enak karena tidak membuat jari kita terlalu sibuk. Tidak terlalu terpengaruh kondisi tangan juga (misalnya lagi berkeringat atau sedikit berminyak. Ugh). Sisi buruknya, kadang ketika menelusuri sebuah tempat, posisi tap bisa tidak tepat. Misalnya ada item yang tertutup tanaman. Begitu juga ketika bertarung. Sudah saya sebut kalau pertarungan berjalan otomatis. Kita tinggal tap musuh dan Noctis beserta teman-teman akan menyerang. Akan ada tanda muncul ketika kita bisa melakukan aksi tertentu. Tapi sejauh ini tidak ada sebuah aksi strategis yang berpengaruh di jalannya pertempuran.

Aksi khusus akan muncul saat bertarung

Performa

Sekali lagi, saya main game ini dengan handphone Moto G5s Plus. Saya cukup senang karena handphone ini memenuhi syarat spesifikasi minimum. Ya walau tidak maksimal. Paling tidak game berjalan lancar. Tidak ada lag atau glitch. Kalaupun ada yang agak lambat, itu hadir saat loading game antar adegan. Untungnya juga tidak lama. Selain itu, Final Fantasy XV Pocket Edition bisa kamu mainkan offline. Lumayan sebagai selingan kalau koneksi internet lagi jelek waktu main Mobile Legends. Walau begitu, handphone saya bisa jadi cukup hangat saat main (mungkin juga karena bodi aluminium). Penggunaan baterai boleh dibilang lumayan. Saya main game ini bergantian dengan Battle Bay. Karena game itu lebih ramai dan online, dayanya sedikit lebih besar. Tentu saja karena saya aktif main game, yang paling menguras daya adalah layar yang aktif.

Penggunaan baterai untuk main game

Untuk Fans Final Fantasy

Final Fantasy XV Pocket Edition berhasil membawa game andalan Square Enix itu ke dalam bentuk mobile tanpa menghilangkan esensinya. Kamu akan menemukan petualangan khas Final Fantasy yang sangat familiar. Di jaman ketika MOBA dan Battle Royale meraja, mungkin ada yang merasa game seperti ini cukup membosankan. Yah, itu masalah selera. Tapi kalau kamu penyuka game RPG ala Jepang terutama game Final Fantasy, game ini layak kamu coba. Tentu saja ada informasi penting lain yang harus saya sampaikan. Kamu bisa main game Final Fantasy XV Pocket Edition secara gratis hanya untuk chapter satu. Kamu bisa membeli chapter dua dan tiga masing-masing seharga Rp 14.000, lalu chapter empat dan sisanya masing-masing seharga Rp 58.000. Sedangkan kalau mau membeli semuanya seharga Rp 289.000. Download (Android) Download (iOS)

Video Pilihan


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger