Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Pertumbuhan Ekonomi Kepri Meningkat

Advertisemen
Pertumbuhan Ekonomi Kepri Meningkat

[ad_1]

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau pada Triwulan IV tahun 2017 meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Kepri Panusunan Siregar, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan pertumbuhan perekonomian di wilayah inu pada Triwulan IV tahub 2017 sebesar 2,57 persen, sedangkan triwulan sebelumnya hanya 1,37 persen.

Pada Triwulan III 2017, jelasnya sebagian besar sektor lapangan usaha mengalami pertumbuhan kecuali kategori pengadaan air, transportasi dan pergudangan, dan industri pengolahan.

 

Sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib sebesar 21,87 persen, diikuti sektor penyediaan akomodasi dan makan minum dan kategori pengadaan listrik dan gas masing-masing sebesar 13,99 persen dan 4,78 persen.

"Pertumbuhan perekonomian pada triwulan IV tahun 2017 didorong oleh pertumbuhan sektor industri pengolahan yang memberikan andil pertumbuhan sebesar 1,48 persen. Dari aspek pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga memberikan andil pertumbuhan ekonomi terbesar yaitu 2,48 persen," katanya. Dari sisi produksi, lanjutnya sebagian besar sektor lapangan usaha mengalami pertumbuhan. Tiga sektor yang memberikan andil pertumbuhan terbesar yakni administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib 0,47 persen, penyediaan akomodasi dan makan minum 0,30 persen, dan sektoe konstruksi sebesar 0,16 persen.

"Dari sisi pengeluaran, yang mempunyai andil terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi pemerintah sebesar 3,83 persen," ujarnya. Siregar menjelaskan pertumbuhan ekonomi tahun 2017 secara kumulatif sebesar 2,01 persen, melambat dibandingkan pertumbuhan tahun 2016 sebesar 5,02 persen.(asikk1)


[ad_2]
Klik Menuju artikel sumber
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger