Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Membetulkan Login Error macOS (Too Many Corpses)

Advertisemen
Membetulkan Login Error macOS (Too Many Corpses)

[ad_1]
Di sini akan kamu temukan tutorial cara membetulkan login error macOS, yaitu saat progress bar berhenti di 100% (karena too many corpses being created). Cara ini adalah langkah yang saya pakai dan berhasil mengembalikan laptop Macbook saya seperti semula. Sekitar sebulan yang lalu, saya melakukan update sistem operasi Macbook Pro saya. Dari OS X El Capitan (10.11) menjadi macOS High Sierra (10.13.3). Update berjalan lancar. Paling tidak itulah yang saya pikir saat itu.

Masalah: Proses Login Berhenti di 100%

Beberapa waktu lalu, saat saya menyalakan laptop, sebuah masalah muncul. Di layar Login, progress bar berhenti di posisi penuh (100%) dan tidak terjadi apa-apa. Bahkan setelah saya menunggu sampai 30 menit. Saya segera mencari informasi permasalahan tersebut sekaligus solusinya di internet. Ternyata, tidak sedikit yang mengalami hal serupa. Ada beberapa pertanyaan untuk masalah yang sama muncul di forum diskusi Apple. Kalau  kamu mengalami hal seperti ini, silakan pastikan kalau permasalahannya sama dengan yang saya temui. Cara untuk memastikan permasalahan ini adalah dengan menyalakan (boot) Mac di verbose mode.
Cara mengaktifkan verbose mode Mac
  1. Nyalakan / Boot Mac
    • Kalau sedang menyala, silakan restart dengan tekan tombol power untuk mematikan dan tekan lagi untuk menyalakan.
  2. Tekan dan tahan CMD+V alias ⌘-V saat suara start berbunyi sampai logo Apple muncul.
Kalau kamu punya masalah yang sama dengan saya, kamu akan melihat pesan “too many corpses being created” hadir berulang kali. Kamu bisa mematikan laptop dengan menekan tombol power.

Solusi: Reinstall macOS dengan Trik Tertentu

Secara umum, reinstall macOS adalah solusinya. Tapi karena saya belum membuat backup baru, saya tidak ingin kehilangan data. Langkah yang saya gunakan adalah solusi login error macOS yang ditawarkan oleh pengguna dengan username rew1000 di forum diskusi Apple.
Cara Membenahi Login Error atau Too many corpses being created
  1. Nyalakan Mac.
  2. Masuk ke Recovery Mode. Caranya:
    • Tekan dan tahan CMD+R atau ⌘-R saat suara start berbunyi dan lepas saat logo Apple muncul.
  3. [Tidak harus dilakukan tapi dianjurkan] Di Recovery Mode, simpan backup image dari Macintosh HD (atau folder yang kamu anggap penting) ke external drive dengan Disk Utility. Tergantung besar folder yang kamu backup, proses ini bisa berjalan sangat lama (saya menjalankannya selama ±12 jam untuk 400GB). Caranya:
    • Klik Disk Utility.
    • Di menu, klik File > New Image > Image from folder…
    • Pilih folder yang mau kamu simpan / backup.
    • Beri nama dan pilih tujuan penyimpanan (external drive).
    • Buat backup image.
  4. Di Recovery Mode, dengan menggunakan Terminal, ganti nama semua folder dasar (root level) di Macintosh HD, kecuali data yang ingin kamu pertahankan, seperti ‘Applications‘ dan ‘Users‘. Caranya:
    • Di menu, klik Utilities > Terminal
    • Ketik (dan tekan enter untuk masing-masing baris):
      cd /Volumes/Macintosh HD (untuk masuk ke harddisk-mu)
      ls -al (untuk melihat daftar folder)
      mv System _System (memindah file/folder System menjadi bernama _System)
      mv Library _Library
      …dan folder lainnya.
  5. Di Recovery Mode, pilih Reinstall macOS dan install di ‘Macintosh HD’.
  6. Saat proses install ulang selesai dan diminta membuat akun (user), masukan nama yang kamu gunakan sebelumnya. Sehingga akun baru ini akan mendapat file yang ada di folder ‘Users’ (dari langkah ke-4).
  7. Kamu sudah bisa masuk dan menggunakan Mac kesayanganmu lagi.
Sekarang yang perlu kamu lakukan tinggal menghapus folder sistem lama yang tadi kamu ganti namanya (langkah ke-4).
Menghapus Folder Sistem Lama
  1. Restart Mac.
  2. Masuk ke Recovery Mode.
  3. Masuk ke Terminal.
  4. Cek isi Macintosh HD. Ketik:
    cd /Volumes/Macintosh HD
    ls -al
  5. Hapus folder yang kamu ganti namanya. Ketik (dan tekan enter):
    rm -ri _System (Hati-hati, perhatikan nama file/folder yg benar, dan jangan sampai salah!)
    …dan folder lainnya.
Sampai di sini, semua proses sudah selesai kamu lakukan. Silakan cek apakah semua aplikasi masih berjalan seperti biasa. Cek juga apakah datamu masih ada dan aman. Kalau datamu hilang, kamu bisa memanfaatkan backup image yang kamu buat (langkah ke-3 dari cara membetulkan login error). Perintah yang kamu ketik di Terminal merupakan perintah dasar UNIX. Kamu bisa membaca keterangannya (dalan bahasa Inggris) di mally.stanford.edu. Itulah cara membetulkan login error macOS yang disebabkan karena too many corpses being created. Seperti kamu lihat, laptop Macbook saya sudah berfungsi lagi, dan saya bisa menulis tutorial ini. Terima kasih untuk rew1000 (siapapun kamu) untuk solusi yang oke. Kalau ada yang punya solusi lebih mudah, silakan beritahu kami.

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger