Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

WhatsApp Kok Dilarang Berbagi Data dengan Facebook? - OKETEKNO.COM

Advertisemen
WhatsApp Kok Dilarang Berbagi Data dengan Facebook? - OKETEKNO.COM

[ad_1]
Copyright ©Teckbe

WhatsApp Kok Dilarang Berbagi Data dengan Facebook, Apa Ini Alasannya?

Oketekno.com â€" Belum lama ini Information Commissioner’s Office (ICO) Inggris melarang layanan pesan instan WhatsApp untuk membagikan data pribadi pengguna kepada Facebook.

Ternyata, pelarangan ini sebenarnya sudah berlaku sejak tahun 2016 lalu yang kemudian dilanjutkan dengan investigasi pada bulan Agustus tahun 2017 silam oleh Commissioner’s Office (ICO).

Commissioner’s Office (ICO) menganggap bahwa Facebook yang juga bagian dari WA ini dianggap tidak transparan dalam memberikan informasi proses berbagi data si penggunanya. Proses berbagi data yang dilakukan dua platform ini pun dianggap tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di Inggris.

BACA JUGA: Yeay… Kini Hapus Pesan Terkirim Whatsapp Mendapat Tambahan Waktu!

“WhatsApp belum mengidentifikasi dasar pemrosesan yang sah secara hukum untuk berbagi data pribadi”, Ungkap perwakilan ICO, Elizabeth Denham, seperti dirangkum dari The Inquirre pada hari Kamis 15 Maret 2018.

Copyright ©Engadget

“Jikapun mereka membagikan data tersebut (data pribadi), hal itu bertentangan dengan prinsip perlindungan data pertama dan kedua dari UU Perlindungan Data”, Katanya lagi.

BACA JUGA: Ikon Baru WhatsApp Bikin Pengguna Penasaran!

Sementara itu menurut situs resmi Commissioner’s Office (ICO), prinsip pertama perlindungan data yang berlaku di negara itu, menyebutkan bahwa seharusnya data pribadi harus diproses secara adil dan legal atau sesuai dengan hukum yang ada, dan secara khusus tidak bisa diproses kecuali terhalang oleh beberapa kondisi tertentu.

Prinsip yang kedua adalah data pribadi harus diperoleh hanya untuk satu atau beberapa tujuan legal, dan tidak diproses lebih lanjut dengan cara apapun yang tidak sesuai dengan tujuan tersebut atau tujuan lainnya. Menanggapi atas desakan tersebut, akhirnya WhatsApp resmi menandatangani deklarasi yang menyebutkan jika WA tak akan lagi membagikan informasi apapun terkait penggunanya di Uni Eropa ke FB hingga tanggal 25 Mei 2018 mendatang.

Dan setelah tanggal 25 Mei, sesuai dengan ketetapan General Data Protection Regulation (GDPR), WA mengatakan bawha pihaknya hanya akan membagikan data sesuai yang disyaratkan GDPR.

“WhatsApp sangat peduli dengan privasi penggunanya. Kami mengumpulkan data sangat sedikit dan setiap pesan telah terenkripsi dengan end-to-end encryption,” Ungkap salah satu perwakilan WA. Seperti yang dilansir dari The Guardian, sejumlah negara di Uni Eropa memang menaruh perhatian khusus terkait aktivitas berbagai data pribadi.

BACA JUGA: Mirip Whatsapp, BBM Android Bisa Dijalankan Via Dekstop!


[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger