Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Able2Extract Proffesional: Mengubah PDF ke Format Lain

Advertisemen
Able2Extract Proffesional: Mengubah PDF ke Format Lain

[ad_1]
Kamu mencari aplikasi untuk mengubah PDF ke format lain seperti Word, Excel, atau PowerPoint? Ada yang boleh kamu coba. Aplikasi atau program ini bernama Able2Extract Professional. Secara umum, Able2Extract Pro memiliki banyak fitur. Selain melakukan konversi file, aplikasi ini juga bisa untuk mengisi formulir dalam bentuk PDF, mengedit PDF (termasuk menambah halaman kosong), menandai bagian-bagian dalam file PDF, dan beberapa hal lain. Aplikasi ini pun memiliki dukungan format file yang lumayan banyak. Kamu bisa mengubah PDF ke format Word, Excel, PowerPoint, Publisher, CAD, atau format gambar seperti JPEG, PNG, GIF, dll. Oya, perlu saya sebutkan kalau saya mencoba Able2Extract Professional 12 untuk macOS. Jadi mungkin ada perbedaan pengalaman.

Mengubah PDF Jadi Mudah

Salah satu fitur yang paling menarik dari Able2Extract Pro ini memang mengubah PDF ke format lain. Dalam kesempatan ini, saya mencoba melakukan dua konversi PDF, yang satu ke Word dan yang lain ke Excel. Boleh saya katakan, aplikasi ini memberikan sesuai yang dijanjikan. Prosesnya mudah dan hasilnya relatif sama dengan bentuk layout aslinya. Yah, kalau ada perbedaan, itu karena bentuk aplikasi yang bersangkutan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan seleksi â€" bisa per bagian atau semuanya â€" dan memilih konversi ke format tujuan. Di beberapa format akan ada pilihan lain. Misalnya untuk Word, ada bentuk standar dan dengan bingkai (frame). Lalu untuk Excel, kamu bisa melakukannya secara otomatis, atau menentukan kolom dan baris. Saat mencoba konversi Excel, saya hanya menggunakan dokumen PDF sederhana. Sebuah slip invoice. Hasilnya cukup memuaskan. Tidak sama persis, tapi setiap kolom dan baris tertata rapi. Nah, untuk Word, saya mencoba berkas PDF yang sedikit lebih rumit. Sebuah tutorial desain yang memang ditujukan untuk dicetak. Lengkap dengan gambar, layout rumit, background, dll. Yang menarik, hasilnya relatif sama dengan berkas asli. Nyaris tidak berubah. Apa cuma itu? Tentu tidak. Karena sudah diubah ke Word, saya bisa menambah ketikan atau edit lebih jauh lagi.

UI & UX

Kalau kamu memang ingin mencari aplikasi mengubah dokumen, Able2Extract Pro memang sangat membantu. Sayangnya banyak hal lain yang terasa masih kurang optimal. Salah satu yang saya rasa kurang adalah peralatan (tool) standar, seperti kursor. Di aplikasi PDF lain, kamu bisa memilih kursor teks untuk membuat seleksi teks, dan kursor tangan untuk menggeser. Di sini, tool tersebut agak sedikit membingungkan. Misalnya, ketika saya ingin menandai atau membuat highlight sebuah kalimat. Aplikasi ini menggunakan seleksi kotak. Hal ini membuat seleksi tidak akurat. Untuk masalah menandai ini, terus terang, saya kesulitan membuat highlight, membuat garis bawah, dll. Yang berhasil saya pakai adalah fungsi menambah catatan dan mencoret (strikethrough). Selain itu proses edit PDF juga agak kurang bersahabat. Ketika kamu mengedit PDF, aplikasi akan masuk ke tampilan Edit. Kamu bisa mengubah berbagai elemen di dalamnya. Tapi kalau kamu mau membatalkan proses edit tersebut (dan kembali ke tampilan awal), tidak ada tombol Cancel atau yang sejenisnya. Kamu harus menutup berkas (tanpa menyimpan), dan membukanya lagi. Terus terang, pertimbanagn saya agak sedikit campur aduk soal aplikasi ini. Satu sisi memberi kemudahan, di sisi lain prosesnya ada yang tidak mudah. Sekali lagi harap dicatat. Saya menggunakan Able2Extract Pro di Macbook dengan macOS High Sierra. Jadi mungkin ada perbedaan pengalaman ketika kamu mencoba di Windows. Aplikasi Able2Ectract Pro ini merupakan aplikasi komersial. Ada versi trial kalau kamu mau mencoba dulu. Kalau kamu menemukan permasalahan seperti yang saya sebut di atas, kamu bisa mengontak developer-nya. Yah, salah satu hak pembeli adalah protes. 😀 Namun harus saya akui, kemampuan Able2Extract Pro mengubah PDF ke format lain memang jitu. Kalau kamu berminat, silakan unduh dan coba melalui link di bawah ini. Download

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger