Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Backup Nova Launcher dan Restore Bila Perlu - UrbanDigital

Advertisemen
Backup Nova Launcher dan Restore Bila Perlu - UrbanDigital

[ad_1]
Kalau kamu mengikuti berbagai artikel di blog tekno ini, kamu pasti tahu kalau saya suka dengan Nova Launcher. Salah satunya karena saya bisa backup Nova Launcher dan restore kapan pun saya inginkan. Salah satu hal paling hebat dari handphone Android adalah tiap orang bisa mengatur handphone miliknya sesuai kesukaannya. Termasuk penampilan dan cara menggunakannya. Sebagai penulis blog teknologi, tidak jarang saya harus berganti handphone. Karena saya sudah punya “standar” sendiri, pada satu titik saya ingin selalu punya setelan yang sama. Sekali lagi, baik dari segi penampilan dan penggunaan. Misalnya untuk tampilan home screen. Saya suka memakai ikon berbentuk lingkaran tanpa label tulisan. Lalu menggunakan kotak pencari Google membulat, transparan, dan ada di dock seperti Google Pixel 2. Sedangkan untuk gestur, saya membuang kotak navigasi (saya menggunakan One Button Nav dari Moto), saya juga membuang tombol App Drawer (saya ganti dengan gestur swipe ke atas), dan menggunakan swipe dua jari dari atas untuk membuka setelan Nova Launcher. Untungnya, saya bisa backup Nova Launcher. Jadi saya tinggal memulihkan setelan dan, bimsalabim, penampilan dan gestur akan sama seperti handphone lama.
Cara Backup Nova Launcher
  1. Buka ‘Setelan Nova‘ alias ‘Nova Settings‘.
  2. Masuk ke ‘Cadangkan dan impor setelan‘ alias ‘Backup & Import Settings‘.
  3. Pilih ‘Cadangkan‘ alias ‘Backup‘.
  4. Beri nama berkas, misalnya: Tampilan Nova April 2018.
    Pro Tips: Beri nama  dan waktu supaya kamu tahu apa dan kapan itu dibuat.
  5. Pilih tempat penyimpanan (tombol ‘Bagikan…‘).
    Nova Launcher memberi beberapa pilihan, seperti ‘Penyimpanan perangkat’, ‘Penyimpanan Dokumen‘ dan ‘Bagikan…‘ ( yang terakhir ini untuk menyimpan di tempat lain).
    Pro Tips: Pilih ‘Bagikan…’ dan simpan di penyimpanan cloud (Google Drive, Dropbox, OneDrive, dll) agar kamu bisa memulihkan kapan saja dan di mana saja.
  6. Tekan tombol ‘OK‘.
    â€" Kalau kamu memilih menyimpan di cloud, Android akan membuka berbagai aplikasi terkait. Pilih yang kamu pakai dan pilih/buat folder-nya.
  7. Ganteng ðŸ'ðŸ½.
Cara Memulihkan Setelan Nova Launcher
  1. Buka ‘Setelan Nova‘ alias ‘Nova Settings‘.
  2. Masuk ke ‘Cadangkan dan impor setelan‘ alias ‘Backup & Import Settings‘.
  3. Pilih ‘Pulihkan atau kelola cadangan‘ alias ‘Restore or manage backups‘.
  4. Pilih ‘Jelajahi‘ alias ‘Browse…‘.
  5. Ambil cadangan dari tempat kamu menyimpan (misalnya dari aplikasi cloud).
  6. Ganteng ðŸ'ðŸ½.
Yah, itulah cara menyimpan setelan Nova Launcher dan cara memulihkannya kembali. Saya yakin aplikasi launcher lain pun memiliki fungsi yang serupa. Kebetulan saja saya memilih Nova. Namun harap kamu ingat. Fitur ini memang memudahkan. Tapi bagaimanapun, hal ini berhubungan dengan personalisasi. Jadi harus kamu lakukan sendiri, tidak otomatis. Kan perubahannya tidak sering. Jadi tidak seperti cadangan WhatsApp yang bisa otomatis. Nah, kalau kamu membuat perubahan setelan, jangan lupa backup Nova Launcher setelah itu. Sehingga kamu punya cadangan setelan Nova terakhir.

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger