Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Dukungan Aplikasi 32-bit di macOS Akan Berhenti

Advertisemen
Dukungan Aplikasi 32-bit di macOS Akan Berhenti

[ad_1]
Transisi teknologi aplikasi dari 32-bit ke 64-bit di Mac memang sedang berlangsung. Kelihatannya, sebentar lagi Apple akan menghentikan dukungan aplikasi 32-bit di macOS. Apple sendiri belum menyebutkan kapan transisi teknologi itu akan benar-benar final. Namun secara perlahan, proses berjalan baik dari pihak Apple, para pengembang aplikasi, sampai akhirnya ke tangan konsumen.

Peringatan Aplikasi 32-bit Tidak Optimal

Perubahan tersebut mulai nampak pada update macOS 10.12.4 High Sierra. Kalau kamu sudah melakukan update tersebut dan membuka aplikasi 32-bit, akan muncul peringatan bahwa aplikasi tersebut tidak optimal untuk komputer Mac milikmu. Kamu bisa tekan tombol ‘Learn More…‘ untuk membaca informasi dari Apple. Tentu saja, secara teknis, tidak ada yang bisa kamu lakukan sehubungan dengan hal ini. Optimalisasi aplikasi ke 64-bit adalah tugas pengembang aplikasi bersangkutan. Saat ini, juga belum ada efek samping terhadap aplikasi 32-bit. Aplikasi tersebut masih bisa kamu gunakan seperti biasa. Tujuan peringatan yang muncul ini lebih ke sosialisasi peralihan tersebut. Di masa mendatang, versi 32-bit tidak akan bekerja di versi terbaru macOS. Apple bahkan menyebut kalau macOS High Sierra merupakan versi terakhir yang mendukung aplikasi 32-bit.

Bagaimana Melihat Aplikasi 32-bit atau 64-bit

Seperti sudah disebutkan, kamu memang tidak punya kepentingan teknis untuk urusan optimalisasi aplikasi. Tapi kalau kamu ingin tahu aplikasi apa yang masih 32-bit di komputer Mac milikmu, ya bisa saja.
  1. Klik logo Apple di menu bar.
  2. Pilih ‘About This Mac‘.
  3. Klik tombol ‘System Report Button‘.
  4. Di sisi kiri, cari kategori ‘Software‘, lalu klik ‘Applications‘.
  5. Pilih nama aplikasi di kotak kanan atas.
  6. Lihat keterangan di kotak kanan bawah, cari tulisan “64-bit (Intel)”.
    “Yes” menandakan aplikasi itu 64-bit, “No” menandakan 32-bit.
Nah, silakan periksa aplikasi yang kamu pakai. Terutama yang sering. Cek apakah sudah beralih ke aplikasi 64-bit atau belum. Kalau masih berupa aplikasi 32-bit dan kamu membutuhkannya, silakan kontak pengembang aplikasi tersebut. Pilihan lainnya, silakan cari alternatif aplikasi sejenis.

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger