Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Otomatis Menghapus File ZIP Setelah Diekstrak di Mac

Advertisemen
Otomatis Menghapus File ZIP Setelah Diekstrak di Mac

[ad_1]
Kadang kita lupa menghapus file ZIP setelah mengekstraknya. Alhasil, beberapa file ZIP yang sudah tidak terpakai memenuhi folder. Nah, berikut ini cara otomatis menghapus file ZIP setelah diekstrak di Mac. Ketika kamu membuka berkas dalam bentuk ZIP, macOS akan mengekstrak kontennya di dalam folder yang sama. Sekarang kamu punya dua berkas dengan isi yang sama. Dalam berbagai kemungkinan, kamu sudah tidak butuh lagi file ZIP tersebut. Kenapa? Tentu saja karena kamu sudah punya file asli (yang ada di dalamnya). Selain itu, isi folder juga jadi berantakan. Di kemudian hari kamu bisa bingung mengaturnya. Secara otomatis menghapus file ZIP bisa menghilangkan resiko itu dengan cepat. Karena kita tidak perlu lagi berurusan dengan memilah file. Yang kita pikirkan hanyalah file asli hasil ekstrak tersebut. macOS punya alat bawaan untuk mengatur hal tersebut. Namanya Archive Utility. Dengan alat ini kamu bisa mengatur perilaku file ZIP dengan enak. Sayangnya, lokasi alat ini agak tersembunyi.
Otomatis Menghapus File ZIP Setelah Ekstrak
  1. Cara paling mudah membuka Archive Utility adalah dengan Spotlight (tekan tombol command + spacebar alias ⌘ + spacebar).
    • Kamu juga bisa dengan membuka HD > System > Library > Core Services > Applications > Archive Utility
  2. Buka Preference dari menubar: Archive Utility > Preference.
  3. Tekan pilihan di bagian ‘After Expanding‘.
  4. Pilih ‘move archive to Trash‘.
    • Kalau kamu memilih ‘delete archive‘, file ZIP akan dihapus permanen tanpa melewati Trash.
Sekarang, setiap kamu mengekstrak file ZIP, berkas itu akan segera dihapus secara otomatis (masuk Trash). Kamu tidak perlu memikirkannya lagi. Tapi bagaimana kalau berkas itu berupa file RAR? Dalam hal ini, saya menggunakan aplikasi The Unarchiver, salah satu aplikasi utility Mac yang layak dimiliki.
Otomatis Menghapus File RAR Setelah Ekstrak
  1. Buka aplikasi The Archiver.
  2. Klik tab ‘Extraction‘.
  3. Centang ‘Move the archive to the Trash‘.
Sekarang, sama seperti kasus file ZIP, secara otomatis file RAR akan dihapus (ke Trash) setelah kamu ekstrak. Sekali lagi, kamu tidak perlu repot menghapusnya di kemudian hari.

â€"

Nah, itulah langkah kalau kamu ingin secara otomatis menghapus file ZIP dan RAR di Mac. Kalau kamu ingin tetap menyimpannya ya tidak masalah juga. Semua hanya pilihan. Tergantung bagaimana kamu merasa nyaman menggunakannya. Betul?

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger