Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Nokia Masuk 5 Besar Merk Smartphone Terlaris Eropa

Advertisemen
Nokia Masuk 5 Besar Merk Smartphone Terlaris Eropa

[ad_1]
Nama besar Nokia terbukti ampuh. Walau sempat jatuh, kini Nokia kembali masuk 5 besar smartphone terlaris di Eropa untuk kuartal pertama tahun 2018. Hal ini merupakan hasil pemantauan Canalys, sebuah firma yang menganalisa pasar teknologi global. Canalys menyebutkan bahwa secara umum, jumlah smartphone yang laku turun sampai 6,3% dibanding tahun lalu. Sedangkan 5 besar merk smartphone yang disebut meliputi Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, dan Nokia. Yang cukup menarik, Samsung dan Apple mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Kedua raksasa ini dipepet oleh Huawei yang menanjak di posisi ketiga, dan disusul oleh Xiaomi dan Nokia sebagai pemain yang relatif baru di Eropa.

Tabel 5 merk smartphone terlaris di Eropa (gambar: Canalys)

Canalys menyebutkan bahwa salah satu penyebab perkembangan Xiaomi dan Nokia di Eropa berasal dari handphone kelas menengah alias handphone dengan harga terjangkau. Kita sudah tahu bagaimana Xiaomi beroperasi. Tapi untuk Nokia, ada beberapa hal menarik. Hal pertama tentu saja, seperti disebut di atas, nama besar Nokia. Apalagi kita bicara soal Eropa, tempat kampung halaman Nokia (Finlandia) berada. Walau sekarang handphone-nya diproduksi oleh HMD Global, nama itu tetap tertancap di benak masyarakat. Apalagi ada kebanggaan tersendiri atas produk buatan lokal. Kedua, di luar sana Android murni disukai. HMD Global mengambil langkah strategis menggunakannya dan itu terbukti tepat. Semua smartphone Nokia di tahun 2018 masuk daftar Android One.

Smartphone Nokia 6 (2018)

Seperti sudah pernah kami sebutkan, perjalanan Nokia memang dramatis. Sempat menjadi handphone nomor satu di dunia, memilih Windows Phone, dibeli oleh Microsoft, sampai HMD Global membuatnya bangkit lagi. Di kuartal ke-4 tahun 2017, Nokia berhasil duduk di peringkat 11 pasar smartphone dunia. Memang laporan dari Canalys ini belum merinci pertumbuhan Nokia. Lalu, laporan ini juga salah satu yang pertama muncul mengenai kondisi pasar smartphone di tahum 2018. Kita tunggu saja laporan dari firma analis lainnya. Apakah Nokia berhasil naik peringkat smartphone terlaris di dunia atau tidak.

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger