Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Beberapa Perintah Comand Prompt (CMD) Ini Sering Digunakan Hacker

Advertisemen
Beberapa Perintah Comand Prompt (CMD) Ini Sering Digunakan Hacker

[ad_1]
Command Prompt atau CMD merupakan salah satu tools bawaan dari Windows. Sekilas untuk orang awam mungkin CMD terlihat sangat membosankan dan sama sekali tidak ada segi menariknya. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat tampilan dari CMD sendiri hanya hitam putih saja dan tidak bisa menampilkan gambar. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya CMD ini justru merupakan salah satu tools hacking yang sangat powerful untuk hacker? CMD sendiri merupakan sebuah perintah DOS yang ada dalam OS Windows. Bisa mempermudah pengguna untuk menjelajah Windows secara online maupun offline. Meski terkenal di Windows, namun sebenarnya CMD juga kerap digunakan di OS Linux, dimana featurenya sama namun disebut dengan terminal. Memang sebagai penggunakan komputer, sudah seharusnya jika Anda mengenal lebih dekat CMD. Sementara itu, untuk mempermudah Anda jika ingin membuka CMD dengan lebih cepat, maka tekan papan keyboard “Windows + R” secara bersamaan. Setelah itu, akan otomatis terbuka kotak dialog Run. Lalu, tekan Enter dan CMD otomatis terbuka dan bisa langsung digunakan. Sementara itu, mungkin saat ini Anda sangat penasaran bukan, tentang apa saja sih perintah dalam CMD yang sering digunakan oleh hacker? Berikut ini beberapa perintah CMD yang sering digunakan oleh hacker dilansir dari TechWorm :
  1. PING
Sebenarnya perintah PING sendiri memang yang paling sering digunakan, terutama untuk mengkaji berbagai persoalan yang ada dalam jaringan. Tapi disamping itu, manfaat yang paling utama dari PING adalah untuk meretas informasi apakah sebuah ip/domain secara spesifik masih dalam keadaan hidup atau sudah mati. PING sendiri memang mempunyai banyak sekali parameter serta manfaat yang sangat berguna untuk hacker. Dengan cara default, PING yang ada di Windows akan mengirimkan 4 paket misalnya, ping x.x.x.x (x adalah alamat IP). Anda bisa langsung mencobanya dengan ping 8.8.8.8 di CMD. Itu adalah IP dari Google. Artinya, Anda sama saja mengakses ping www.google.com dalam CMD. Hal tersebut penting bila Anda belum paham tentang IP Google.
  1. NSLOOKUP
NSLOOKUP juga mempunyai banyak manfaat. Tapi manfaat yang paling penting darinya adalah untuk mengetahui IP dari sebuah domain. Selain itu, NSLOOKUP biasanya digunakan untuk mendiagnosa berbagai persoalan seputar jaringan yang terkait dengan DNS. Misalnya saja Anda mengerti URL dari sebuah situs, namun belum mengetahui alamat IPnya, maka Anda bisa menggunakan perintah NSLOOKUP di CMD untuk mengetahuinya. Sebagai contoh, Anda bisa mengetikkan nslookup www.google.com pada CMD. Maksud dari perintah tersebut adalah Anda ingin mengenali alamat IP dari Google.
  1. TRACERT
TRACERT atau dalam kata lainnya traceroute sering digunakan untuk mencari jalur yang sering dilewati data menuju ke IP/Host secara lebih spesifik di internet. Perintah yang satu ini memang ada dalam beberapa piranti jaringan baik itu di dalam router, wireless AP, Windows, Linux, Modem, dan juga server. Meskipun tool yang satu ini ada dalam setiap piranti jaringan, masing-masing parameter dan juga nama perintah yang digunakan biasanya memang sedikit berbeda. Misalnya saja, tracert x.x.x.x ( x merupakan alamat IP) atau sama saja dengan tracert www.google.com.
  1. ARP
ARP atau Address Resolution Protocol sebenarnya merupakan sebuah protokol yang akan bertanggungjawab untuk mencari tahu Mac Address atau alamat suatu hardware dari suatu host yang tergabung dalam satu jaringan LAN. Tentunya dengan berdasarkan IP Address yang telah terkonfigurasi pada host yang berkaitan. Misalnya dalam OSI Layer, protokol yang satu ini akan bekerja pada Layer 2 dan juga Layer 3.
  1. ROUTE
ROUTE adalah sebuah perintah yang digunakan untuk membuat sebuah jalur baru (routing) pada suatu komputer ke satu jaringan. Pada umumnya ROUTE digunakan pada LAN atau WAN. Dan diluar itu semua, Anda juga bisa lebih mengetahui sebenarnya seperti apa sistem jalan raya jaringan, info jalur host, network destination, dan juga gateway.
  1. IPCONFIG
Perintah satu ini kerap dipakai untuk bisa melihat berbagai informasi yang ada dalam jaringan. Atau bisa juga untuk mengetahui info IP yang terpasang dalam suatu network adapter. Tapi sebenarnya manfaat dari IPCONFIG memang bukan hanya itu saja. Masih ada beberapa fungsi lainnya yang tetap berguna untuk mengatasi berbagai masalah seputar troubleshooting jaringan atau mengatur lagi jaringan yang lain. Terlebih jika jaringan tersebut menggunakan DHCP.
  1. NETSFAT
NETSFAT adalah suatu perintah yang berperan untuk menghadirkan statistik koneksi jaringan ke dalam komputer yang saat itu tengah digunakan. Sebenarnya NETSFAT bisa Anda samakan dengan task manager pada Windows. Tapi perbedaan dari keduanya adalah, dimana task manager ini menampilkan berbagai sistem serta aplikasi yang sedang berjalan. Sedangkan NETSFAT menampilkan service jaringan yang saat itu tengah digunakan beserta semua info tambahan seperti IP dan Port-nya. Lalu, bagaimana pendapat Anda sekarang? Sekilas CMD memang terlihat sangat simpel. Tapi jangan salah, karena manfaatnya sangat banyak sekaligus menakjubkan. Itulah beberapa perintah CMD yang sering digunakan. Sayangnya manfaat tersebut jugalah yang sering disalahgunakan hacker untuk meraih tujuannya.

[ad_2]
Source
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger