Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Pemkab Bintan Siap Dukung E-Gov di Lingkup Kepri

Advertisemen
Pemkab Bintan Siap Dukung E-Gov di Lingkup Kepri

[ad_1]
Media Center Bintan â€" Reformasi Birokrasi yang dilatarbelakangi tuntutan terhadap terbentuknya sistem Pemerintahan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif melahirkan inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan melalui E-Goverment.
Timbul pertanyaan, apakah Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Kepri mampu menerapkan E-Gov yang dimaksud ? Hal ini dapat dilihat dari komitmen setiap daerah yang secara perlahan namun pasti terus berbenah diri menatap kesuksesan penerapan E-Gov.
Baru-baru ini Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kepri mengundang jajaran Kominfo di setiap Kabupaten/Kota yang ada untuk melakukan Rapat Koordinasi Program Kominfo se Kepri. Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Diskominfo Kepri Dompak ini berlangsung khidmat dan topik pembahasan yang terarah, Selasa (26/6).
Setiap Kabupaten/Kota melakukan presentasi atas program yang dicanangkan untuk daerahnya masing-masing. Usai presentasi, seluruh perwakilan nantinya dapat menyampaikan usulan guna kesuksesan program dan kesamaan persepsi dalam menerapkan E-Gov.
Kepala Bagian Kominfo Setda Bintan Aupa Samake, S.Kom yang hadir dalam rakor tersebut menerangkan bahwa kegiatan ini memanh dianggap perlu. Didampingi Kasubbag Teknologi dan Informatika R. M. Zulfakar, ST serta Kasubbag Penyiaran dan Persandian Supriyanti Ningsih, S.Ap, Aupa menuturkan bahwa Pemkab Bintan sendiri terus berbenah untuk memantapkan semua faktor pendukung dalam penerapan E-Gov.
Aupa menambahkan bahwa apa yang disampaikan Pemkab Bintan dalam rakor ini berorientasi pada dukungan terhadap penerapan E-Gov di wilayah Kepri. Dirinya juga berharap agar nantinya setiap daerah melalui Pemprov dapat selalu berkoordinasi untuk saling bersinergi dalam memutakhirkan aplikasi.
“Sempat kami sampaikan beberapa program dan wacana ke depan. Begitu juga kami dengar dari daerah lainnya. Kominfo sendiri juga InsyaAllah akhir tahun ini akan menjadi OPD sendiri di Pemkab Bintan. Ini instruksi langsung dari Kepala Daerah sebab ingin Bintan benar-benae seriua menerapkan dan mendukung E-Gov” ujarnya.
Beberapa masalah dan hambatan khusus bagi Pemkab Bintan dalam rakor ini juga sempat didiskusikan. Diantaranya dalam bidang Teknologi dan Informatika mendapat masalah seperti kurangnya SDM yang mumpuni. Dari bidang Komunikasi dan Informasi juga terdapat masalah seperti belum adanya SOP untuk bidang ini. Selanjutnya bidang Statistik dan Persandian yang bisa dikatakan belum memiliki SDM yang membidangi. Namun demikian, Pemkab Bintan bertekad untuk dapat mengatasi semua permasalahan tersebut guna suksesnya E-Gov di Pemerintahan Kabupaten Bintan.