Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

WHO Klasifikasikan “Kecanduan Game” sebagai Kondisi Penyakit Mental

Advertisemen
WHO Klasifikasikan “Kecanduan Game” sebagai Kondisi Penyakit Mental

[ad_1]

Apapun yang berlebihan tentu tidak baik adanya, ini adalah sebuah kalimat bijak yang anehnya, bisa diterapkan untuk beragam aktivitas yang ada, dari sekedar menonton televisi, mendengarkan lagu, atau bahkan seperti hobi milik kita semua, bermain game. Untuk aktivitas terakhir ini, mengingat keseruan dan kesenangan yang bisa ia hasilkan, tidak mengherankan jika banyak gamer yang berujung kecanduan. Badan Kesehatan Dunia dari PBB â€" WHO akhirnya menetapkan kondisi ini sebagai sebuah penyakit mental serius yang pantas untuk diperhatikan. Kondisi ini akan dimasukkan dalam edisi kesebelas International Classification of Diseases (ICD) hari Senin mendatang. Apakah Anda termasuk gamer yang bisa dihitung sebagai “kecanduan” dan punya masalah psikologis terkait video game? Untungnya, WHO juga menetapkan tiga kategori diagnostic apakah seseorang memang mengalami kondisi ini atau tidak. Tiga kondisi tersebut adalah:
Ada tiga kategori yang harus dipenuhi dalam kurun waktu 12 bulan, sebelum seseorang didiagnosa “kecanduan game”.
  1. Gaming menjadi aktivitas terpenting bagi seorang individu, dan aktivitas yang lain dilihat tidak sepenting gaming.
  2. Penderita tidak bisa mengendalikan tingkah lakunya bermain game. Walaupun ia sudah tahu bahwa aktivitas tersebut berdampak negatif pada dirinya, ia tidak bisa berhenti begitu saja. Aktivitas tersebut justru akan terus berlanjut dan semakin sering terjadi.
  3. Aktivitas gaming tersebut menghasilkan stress dan ketidakmampuan berfungsi dengan baik di kondisi yang lain, seperti keluarga, sosial, edukasi, ataupun pekerjaan. Efek dari bermain game ini terasa nyata, dan bahkan bisa membuat ritme tidur bermasalah, makan tidak teratur, semakin rendahnya aktivitas fisik.
Semua simtom yang terjadi ini harus muncul setidaknya dalam 12 bulan berturut-turut. Gamer yang hanya memperlihatkan lonjakan dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari saja tidak bisa langsung dikategorikan di dalam kecanduan gaming ini. WHO yakin bahwa jutaan gamer di seluruh dunia yang menikmati game favorit mereka secara intens belum tentu akan masuk ke dalam kategorisasi baru ini. Kecenderungan untuk “mengidap” kondisi ini mereka sebut, sangat rendah. Bagaimana dengan Anda sendiri? Adakah teman atau sanak saudara Anda yang memenuhi ketiga kategori di atas dan sudah memperlihatkannya selama setidaknya, 12 bulan terakhir ini? Source: CNN Tags:


[ad_2]
Source

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 berita waeaja - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger